Pengertian Internet Dan Intranet Lengkap

Diposting pada

Pengertian internet dan intranet lengkap – Selain Internet ada juga istilah Intranet, Keduanya memiliki arti berbeda. Singkatnya saja, pengertian internet adalah kumpulan jaringan komputer yang berskala global sedangkan Intranet adalah jaringan yang berskala lokal. Untuk lebih dalam pengertian Internet dan Intranet silahkan diperdalamai di penjelasan berikut ini.
Saat ini, teknologi internet sudah diketahui dan dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mencari informasi apa pun. Selain itu, internet juga untuk berkomunikasi dengan siapa pun di dunia ini tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Di dalam internet, semua informasi Yang terbaru maupun informasi yang sudah usang terdapat di dalamnya. Setain itu, informasi yang positif maupun negatif juga dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Karena itu, sikap bijak sangat diperlukan dalam menggunakan dan memanfaatkan internet karena dampak dari penggunaan internet dapat memengaruhi kita dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus bijak dalam memanfaatkan internet.

Awalnya jaringan internet yang kita kenal saat ini, pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPANET( US Defense Advanced Research Projects Agency) yang dikembangkan padabtahun 1969. ARPANET dibangun untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar dan menghindari titik pemusatan informasi di satu titik (Baca juga: sejarah perkembangan internet).
CaraInternet kali ini akan membahas pengertian internet dan intranet sekaligus dengan sejarahnya.

Pengertian Internet

Internet

Secara harfiah. Internet berasal dari tiga kata, yaitu inter, connection, dan networking. Merupakan singkatan dari International, Connection mempunyai arti “hubungan”, dan Networking berarti “Jaringan”. Jadi pengertian internet adalah teknologi yang menghubungkan beberapa komputer atau beberapa jaringan komputer di seluruh dunia untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu.

Jumlah jaringan komputer yang membentuk internet sangatlah banyak, Iebih dari jutaan. Kumpulan komputer tersebut membentuk suatu jaringan komputer besar yang disebut dengan Cyber Space. Jangkauan Cyber Space mendunia dan sangat Iuas (World-Wide).

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi, jaringan komputer ini menggunakan suatu protokot jaringan. yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) bertugas mentransmisikan data dari suatu komputer ke komputer lain. TCP/IP berfungsi memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan dan juga untuk mengatur serta mengirimkan data.

Agar komputermu dapat terhubung dengan internet, kamu harus berlangganan ke salah satu ISP yang ada di kotamu. ISP (Internet Service Provider) adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet. Contoh dari lSP, di antaranya Telkom, Indonet. Layanan dari Internet yang dapat kamu gunakan, di antaranya browsing surfing, e-mail, chatting. search engine, mms, download, upload, FTP, atau newsgroup.

Pengertian Intranet

Intranet

Selain internet ada istilah lain yang hampir mirip, yaitu intranet. Jika Internet merupakan salah satu jenis jaringan dalam skala besar (global) sedangkan untuk pengertian intranet adalah jaringan dalam skala kecil (lokal / internal network). baik Internet maupun Intranet ini sama-sama menggunakan protocol TCP/IP.

Intranet mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995 oieh beberapa penjual produk jaring yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Ukurannya terbatas, biasanya dibuat untuk area yang tidak terlalu besar, seperti seukur sebuah gedung, kantor, rumah sakit, atau kampus.
2. Dapat dikelola oleh seorang administrator lokal.
3. Dapat dibangun menggunakan topologi standar untuk LAN, seperti Bus. Ring, Star, atau Hybrid (gabungan).
4. Protokol yang digunakan adalah TCP/IP.
5. Menyediakan layanan seperti layanan untuk intemet.
6. Administrator boleh menentukan hostname (nama) setiap komputer sesuka hati. Pada internet, hal ini tidak dapat dilakukan sesuka hati karena ada aturannya.

Intranet biasanya dibuat hanya untuk melayani kebutuhan suatu organisasi, kantor, instansi, sekolah, atau institusi tertentu saja. Pengguna luar yang bukan merupakan bagian dari komunitas organisasi tersebut biasanya tidak diperbolehkan mengakses intranet. Intranet Juga dapat dihubungkan dengan internet. Akibatnya pengguna jaringan intranet dapat mengirim data kepada pengguna jaringan internet. Kita dapat membayangkannya seperti mengirim surat ke luar negeri. Walaupun kita berada di lokasi terpencil, dengan bantuan pos, surat dapat diantarkan ke alamat tujuan.

Beberapa alasan suatu organisasi menggunakan intranet sebagai berikut.
1. Memungkinkan keterpaduan yang mudah antara e-mail internal dan eksternal.
2. Memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yang mudah, berkemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan. pencarian kembali, mengomunikasikan, dan mengolah sumber-sumber informasi organisasi.
3. Memungkinkan kemudahan dalam akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet. khususnya materi yang dipublikasikan pada World Wide Web.

Penggunaan intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan sebagai berikut.
1. Produktivitas kerja. Adanya intranet dapat membantu pekerjan dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
2. Pemanfaatan waktu. Melalui intranet, pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapan pun sehingga terjadi efisiensi waktu. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
3. Komunikasi. Adanya intranet dapat memudahkan komunikasi antarbagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
4. Operasi dan manajemen. Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antarorganisasi.
5. Kerangka perubahan budaya kerja. Melalui intranet, pegawai-pegawai organisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *